Google

Jumat, 06 Mei 2011

YA, JANGAN SEKOLAH SAJA, TAPI YA NULIS BUKU JUA

 Niatan atau nawaitu jelas untuk sekolah, tapi untuk mencari pengalaman harus dilakukan. Kalau bisa mengerti yang sesungguhnya. Tentu menjadi maklum yang sekolah banyak dikalangan pengelola sekolah. Ada dosen, ada pula pengusaha, tapi dominasi besar adalah dosen. Ketika sekolah tentu harus dimanfaatkan mulai belajar budaya, tak boleh lupa atau absen adalah bagaimana mengelola universitas agar masuk kedalam world class university.Kesempatkan juga saya pergunakan untuk menulis bereng, tak tanggung-tanggung, yang diajak adalah Vice President Universitas (Wakil rektor)  yang juga merangkap sebagai Dean (Dekan) dari Pascasarjana. Dia adalah Prof. Dr. Fellina C. Young. Pertama yang dikerjakan secara bareng adalah membuat buku Pengantar Ekonomi, yang alhamdulillah sudah ber ISBN: 978-979-3870-70-0. Alkisah buku ini sudah melalui uji coba, dan sangat reliable. Bermula dari sebuah penelitian untuk mengetahui sikap dan opini mahasiswa program studi Teknik Industri dalam memandang mata kuliah yang "dianggap" bukan rumpun minatnya. MKDU- Mata kuliah Dasar Umum atau mata kuliah lain yang dianggap tak memiliki relevansi dengan telaah industri. Kemudian juga ingin melihat tanggapannya dikaitkan dengan tingkat kelelahan mahasiswa dalam menyerap materi kuliah. Lebih spesifik karena karakter mahasiswa teknik industri adalah pekerja, dan baru pulang dari pekerjaan pukul 16.00, dan kuliah dimulai pukul 18.00. Hanya selisih dua jam tapi dituntut konsentrasi. Inilah yang menggelitik hati untuk meneliti. Akhinya sampai pada kesimpulan bahwa tingkat kelelhan mahasiswa sangat tinggi, dan tak jarang kurang konsentrasi, bahkan lebih ironis tidur di kursi. Respon yang harus dilakukan adalah mengintervensi dengan membuat RINGBEL- Ringkasan Belajar.  Melalui ringkasan belajar, mahasiswa akan tertolong dalam meretensi hasil pembelajaran yang telah disampaikan. Ringbel inilah yang saya lakukan, dan kemudian hasilnya saya diskusikan dengan Prof. Fellina, dan hasilnya sebuah buku berlabel kerjasama antara Universitas Jose Rizal University, dengan Universitas Adi Buana Surabaya. 
[Described in this post is to work together between Prof.Dr Felina C. Young  Dean of Graduate Jose Rizal University, and  Djoko Adi Walujo, Jose Rizal University students administration business doctoral program,which is also a lecturer at the University of Adi Buana Surabaya. Working together in book form, entitled"Introduction-Economy "]
[]

Inilarawan sa post na ito ay na sama sa pagitan ng Prof.Dr Felina C. Young University Dean ng Graduate Jose Rizal, at  Djoko Adi Walujo,  mga mag-aaral Jose Rizal University negosyo ng doktor na programa, na kung saan ay din ng isang lektor sa University of Adi Buana Surabaya. Paggawa ng magkasama sa libro form, may karapatan "Panimula-Ekonomiya.
[]
Kata-kata yang sama antara bahasa Indonesia-Tagalog
sama= sama (bahasa Indonesia)
Magsama = Bersama (bahasa Indonesia)
Panimula = Permulaan/pengenalan/pengantar (bahasa Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar